Home Top Ad

Responsive Ads Here

Mau Membuat Website? Ini Beberapa Tips Membuat Website yang Harus Anda Perhatikan

Share:
Related image

jasa pembuatan website murah di jakarta timur - Dalam pembangunan sebuah situs ada banyak point yang perlu di perhatikan. Point-point penting yang perlu di perhatikan itu mencakup banyak hal, di antara yaitu seperti berikut :

Pilih hosting yang sesuai keperluan Anda 

Apakah itu hosting? Hosting yaitu tempat Kamu menaruh data-data situs Kamu nantinya. Setiap artikel, gambar, dan beragam video yang nantinya Kamu masukan di situs, harus dirumahkan di satu tempat. Nah, tempat tersebut yang dimaksud hosting.

Pada intinya, situs Kamu hanya beberapa kumpulan file-file. File-file ini harus disimpan di satu tempat, agar orang yang lain dapat mengaksesnya setiap saat, 24 jam satu hari. Di sinilah hosting bertindak, yakni jadi rumah untuk situs Kamu sekaligus menjaganya agar tidak dibajak. Hosting sendiri ada yang gratis dan berbayar.

Bila hosting yang gratis, Kamu dapat memperolehnya di wordpress dan blogspot. Bila memakai yang gratis, terdapat beberapa terbatasnya, dan nama website Kamu kelak juga akan di beri embel-embel wordpress. com atau blogspot. com. Bila memakai hosting berbayar, situs Kamu nantinya di beri ekstensi. com. Atau. id, atau. org, apa pun yang Kamu pilih nantinya. Hingga terlihat lebih profesional.

Hosting berbayar saat ini telah banyak di Indonesia. Harga nya pun cukup berkompetisi. Tetapi yang perlu Kamu perhatikan yaitu, Kamu harus memilih hosting yang sesuai keperluan Kamu. Pilihan layanan hosting beragam, bergantung seberapa besar kemampuan pemakaian yang Kamu perlukan. Diluar itu, kecepatan dan keamanan website juga sering di pengaruhi layanan hosting yang Kamu pilih.

Ada beberapa layanan hosting murah, tetapi pilihan kemampuannya kecil. Diluar itu tidak diperlengkapi dengan keamanan yang ideal.

Baiknya sebelumnya memilih hosting, fikirkan dahulu : apa yang Kamu perlukan untuk website Kamu? Apakah Kamu perlu kemampuan besar (untuk menaruh banyak gambar)? Atau hanya untuk menyimpan tulisan-tulisan saja?

Pakai CMS yang Kamu paling nyaman 

Bila Kamu ingin miliki website tapi tidak memahami kode-kode computer, memakai CMS yaitu pilihan paling aman. CMS yaitu singkatan dari kontent management sistem. Dengan mudah, CMS yaitu system untuk mengelola isi website Kamu nantinya.

Pilhan CMS terdapat beberapa, bergantung keperluan. Tetapi yang paling popular yaitu CMS punya wordpress. CMS wordpress termasuk mudah dipelajari, banyak plugin untuk berikan beberapa feature penambahan, dan artikelnya mudah masuk halaman satu google.

Sesungguhnya terkecuali wordpress, terdapat beberapa CMS beda. Salah satunya :

  • CMS untuk membuat e-Commerce, seperti OsCommerce, Opencart, dan Drupal. 
  • CMS untuk membuat situs e-Learning, misalnya Moodle. 
  • CMS untuk membuat personal situs, seperti joomla!, Mambo. 
  • CMS untuk membuat situs e-Forum, misalnya phpBB, MYBB, Vbulletin. 
  • Untuk CMS wordpress sendiri sesungguhnya paling nyaman, karena dari wordpress pun telah dapat di buat website toko on-line, komunitas, dan personal situs. Tetapi kembalikan sekali lagi ke keperluan Kamu. 
Pilih topik yang sesuai 

Topik yaitu penampilan utama yang terlihat di website Kamu. Dengan topik yang indah, website Kamu dapat tampil nyaman di mata pemakai. Ini buat pengunjung kerasan terlalu lama di website Kamu. Atau barangkali, jadi tertarik beli product yang Kamu gunakan di website.

Lihat juga : jasa pembuatan website murah di jakarta

Sesungguhnya telah terdapat beberapa topik website yang ada di internet, tetapi bila Kamu ingin topik yang khusus, Kamu dapat mencari jasa pembuatan situs.

Pantau kecepatan website 

Situs yang baik bukan sekedar yang tampil memukau, tetapi juga cepat dibuka. Bila website Kamu menarik tetapi lama timbulnya, beberapa orang juga akan selekasnya tutup website Kamu dan berpindah ke situs beda. Sayang sekali, kan? Kecepatan akses sebuah website bergantung dari beberapa hal, seperti kwalitas server hosting, gambar-gambar di website, dan berapakah banyak feature yang Kamu masukan.

Untuk tingkatkan kecepatan website, Kamu perlu memilih-milih feature apa sajakah yang ingin Kamu gunakan di website. Umpamanya website Kamu tidak memerlukan pemutar audio, ya tak perlu menempatkan plugin lagu di website Kamu. Tidaklah perlu juga menempatkan hiasan kelap kelip di website.

Diluar itu perhatikan juga ukuran gambar. Kecilkan saja ukuran gambar di website Kamu, jadi makin enteng dan cepat file gambar Kamu dibuka.

Pakai feature AMP dari Google 

Ada sebuah feature dari Google yang dimaksud AMP, atau accelerated mobile pages. Feature ini yaitu sebuah pilihan dari Google yang buat website Kamu lebih mudah dan enteng dibuka melalui hp. Dengan memakai feature AMP, ada banyak hal yang dapat Kamu peroleh, salah satunya yaitu kecepatan website Kamu lebih cepat saat dibuka hp dan website Kamu memperoleh posisi lebih tinggi di Google.

Apabila situs Kamu nantinya memakai CMS WordPress, AMP dapat diaplikasikan dengan memakai plugin AMP. Bila Kamu memakai CMS type beda, AMP harus diaplikasikan dengan kode tertentu. Bila Kamu memakai jasa pembuatan situs, Kamu dapat memohon untuk mengaplikasikan AMP di website Kamu nantinya.

Perhatikan SEO dalam website 

Kamu tentu ingin website buatan Kamu terlihat banyaknya orang. Dan kebanyakan orang memakai mesin pencari (Google) untuk temukan website yang mereka kehendaki. Nah, agar website Kamu terlihat di hasil pencarian tertinggi Google, Kamu harus mengaplikasikan SEO di situs Kamu. SEO, atau Search Engine Optimization.

Mengulas Search Engine Optimization juga akan perlu keterangan panjang. Tetapi bila Kamu tidak mau direpotkan dengan masalah tehnis seperti SEO, Kamu dapat berkonsultasi dengan jasa konsultan SEO.

Pakai HTTPS 

HTTPS yaitu Hypertext Transfer Protocol Secure. Peranannya yaitu meyakinkan transfer file data pada website dan pengunjung dapat dilakukan melalui saluran pengiriman yang aman. HTTPS tidak berikan efek yang kasat mata, tetapi sesungguhnya keamanan privacy dan data sangat diperlukan di masa info moderen, terlebih bila website Kamu nantinya yaitu website toko on-line. Diluar itu, Google saat ini lebih menyukai website yang sudah memiliki HTTPS. Agar website Kamu diperlengkapi HTTPS, Kamu harus berlangganan sertifikat keamanan. Layanan keamanan ini biasanya berbayar, tapi ada pula yang gratis, seperti layanan HTTPS dari Let’s Encrypt.

Gunakan sosial media 

Nyaris kebanyakan orang saat ini memiliki media sosial. Beberapa orang berhubungan dan sharing beberapa hal di media sosial. Bila Kamu nantinya telah memiliki website, berikan saja link situs Kamu ke media sosial. Kabari juga beberapa rekan untuk lihat dan membagikan link website Kamu ke rekan-rekan yang beda. Dengan hal tersebut, website Kamu lebih cepat dikenali.

Nah, sekianlah beberapa tips yang bisa kami beri sekitar buat situs. Mudah-mudahan dapat menolong Kamu.

Tidak ada komentar