Home Top Ad

Responsive Ads Here

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Share:

Sepatu kulit adalah salah satunya keperluan penting dalam soal performa, terutamanya untuk pria dewasa. Kecuali membuat perlindungan kaki kita dari debu serta kotoran, sepatu salah satu faktor penting untuk menyempurnakan performa seorang. Sepatu kulit yang kita gunakan melambatgkan ciri-ciri serta jati diri seorang.

Sesuai manfaatnya, sepatu kulit membuat perlindungan kaki kita serta untuk alas kaki untuk berjalan, tentu saja bisa banyak lewat beberapa medan dan terserang bintik jalanan seperti debu, pasir serta tanah yang melekat pada sepatu. Karena itu kita perlu lakukan pembersihan teratur supaya sepatu kita masih awet serta nampak bagus.

Nah, jika sepatu kulit milikmu tetap terlihat bagus, kamu tetap tampil bagus kan? Tetapi untuk bersihkan sepatu kulit itu tidak jangan asal-asalan. Ada panduan spesial dan alat spesial yang dipakai untuk bersihkan sepatu kulit supaya masih awet serta tidak menghancurkannnya.

Di bawah ini info serta beberapa tehnik untuk langkah bersihkan sepatu kulit kamu supaya masih bersih serta awet.

Mengenal Tipe Kulit Pada Sepatu Kulit
Sebelum kamu bersihkan sepatu kulit, kamu perlu mengenal dahulu tipe bahan fundamen kulit yang ada di sepatu kulit milikmu. Tiap tipe kulit mempunyai perlakuan yang berlainan untuk pembersihannya. Tipe kulit yang bermutu premium yang berasal proses dari pemrosesan serta penyamakan yang lumayan lama serta cermat akan jadikan bahan baku kulit bermutu baik.Sepatu kulit premium semakin gampang dalam perawatannya, bahan baku kulit yang bermutu baik pasti semakin awet daripada kulit dengan kualitas mediun serta biasa. Ketahui karakter kulit sepatu yang ada di sepatu kamu, apa ia elastis atau mungkin tidak. Ketahui tingkat kelembapan untuk sepatu kulit yang kamu punya, sebab kamu semakin lebih dapat sesuaikan untuk perlakuan serta pemakaiannya.
Tipe bahan kulit yang akan saya ulas di sini ialah kulit tipe jadi atau full-grain serta kulit suede. Full-grain datang dari kulit sapi sisi luar yang telah disamak serta diproses demikian rupa sampai jadi kulit bermutu bagus serta siap dibikin sepatu. Beberapa ciri kulit full-grain ialah motifnya alamiah, tipis, kuat serta sedikit kaku. Umumnya dipakai untuk sepatu kulit resmi seperti sepatu pantofel. Sepatu safety yang berkualitas dengan harga murah dapat ditemukan dengan mudah di tempat jual sepatu safety

Tipe kulit suede ialah bahan baku kulit yang diproses dari kulit sapi sisi dalam yang telah melalui proses pemrosesan yang lumayan lama serta susah hingga membuahkan kulit yang berpenampilan menarik dan exclusive. Beberapa ciri bahan baku kulit suede semakin tebal dari kulit full-grain, kulit tipe suede memprioritaskan kenyaman serta ketahanan pas dipakai dimusim hujan atau musim panas serta musim salju, tetapi sepatu kulit tipe suede benar-benar gampang kotor.

Perlengkapan Untuk Mebersihkan Sepatu Kulit
Langkah membersihkan dan perlengkapan yang dipakai untuk bersihkan sepatu kulit benar-benar punya pengaruh pada keawetan sepatu. Perlengkapan yang bagus untuk bersihkan sepatu kulit diantaranya :

  • Sikat yang lembut
  • Kain lap lembut
  • Air yang bersih
  • Semir memiliki bahan cream
  • Sabun spesial untuk kulit (saddle soap)
  • Minyak cerpelai (mink oil)
  • Sikat spesial (untuk kulit suede)
  • Penghapus karet
  • Bedak talk / bedak bayi
  • Produk pelapis sepatu dari silikon
  • Sumpal sepatu

Langkah Bersihkan Sepatu Kulit Yang Betul
Langkah membersihkan mempunyai impak besar dalam perawatan sepatu kulit kamu. Perlakuan pada sepatu kulit seperti langkah menyikat harus berhati-hati sebab dapat membuat kulit lecet serta menghancurkannya. Bila pencucian memakai air harus berhati-hati sebab bahan baku kulit pada umumnya tidak awet terdahap kelembapan.Proses pengeringan ada juga tekniknya, sepatu kulit jangan dijemur waktu matahari cemerlang jelas serta terik panasnya benar-benar menusuk, ini akan membuat sepatu kulit makin kaku, begitu kering serta pada akhirnya gampang pecah. Bila sepatu sedang lembab serta akan kamu jemur, lapisi permukaan kulit dengan koran akar tidak terserang langsung paparan cahaya matahari.
Berikut ini ialah beberapa langkah untuk bersihkan sepatu kulit, yang saya ulas ialah sepatu kulit asli tipe jadi / full-grain serta sepatu kulit suede. Tehnik yang ada untuk sepatu kulit tipe full-grain ini sama untuk diaplikasikan pada sepatu kulit memiliki bahan kulit sintesis.

– Sepatu Kulit Tipe Full-Grain

Membersihkan sepatu kulit tipe full-grain tidak serumit yang dipikirkan kok. Kamu dapat membersihkannya cukup memakai sikat lembut di bagian kulit sepatu yang kotor, lalu mengelapnya dengan kain yang bersih. Tak perlu mengguankan air, tetapi bila ada kotoran yang bandel di bagian spesifik membersihkan dengan air. Jalannya sebagai berikut :

  • Menghilangkan susunan debu serta kotoran dengan sikat lembut, gosok dengan sikat permukaan sepatu kulit dengan cara bersimpangan dengan arah permukaan kulit sepatu, janganlah lupa pada beberapa bagian yang susah dicapai untuk dibikin bersih. Penyikatan ini fungsinya untuk mengurangi kotoran yang melekat pada kulit sepatu
  • Sesudah disikat, usap sepatu kulit dengan kain lembut kering supaya kotoran yang masih tetap sisa dapat diusap bersih memakai kain usap yang kita pakai. Kerjakan pengusapan sampai kamu berasa cukup percaya jika sepatu kamu telah bersih dari kotoran yang melekat pada kulit sepatu.
  • Selanjutnya berikan kain lap yang bersih dengan sedikit air, cukup air saja tanpamu campur dengan sabun / deterjen sebab akan menghancurkan kulit sepatu kamu. Kerjakan pengelapan di bagian kulit yang memiliki serat. Untuk kulit sintetis dapat memakai sabun spesial kulit yang dapat diperoleh pada toko sepatu kulit.
  • Diamkan kulit kering semuanya, taruh sepatu kulit punyamu dalam tempat yang sejuk agar terserang angin fresh serta sepatu tidak lembab.

– Sepatu Kulit Tipe Suede

Sepatu kulit dari tipe suede memang membutuhkan perlakuan istimewa, bintik kotoran yang melekat pada sepatu kulit suede tidak dapat dibikin bersih pada bagian hanya itu, ditambah lagi bila memakai air. Bintik yang dibikin bersih akan menebar serta dikit demi sedikit lenyap.

Ada langkah spesial untuk mengelap kulit suede, bila tidak berhati hati air dapat memunculkan bintik tertentu serta jadikan becak kotoran makin kronis serta dapat meruba warna dari kulit sepatu.

Karena itu, kamu perlu ketahui langkah bersihkan sepatu suede dengan cairan pencuci yang sesuai dengan. Kecuali cairan suede, sikat yang dipakai untuk kulit tipe ini spesial untuk kulit tipe suede. Kamu dapat beli sikat suede serta cairan pencuci sepatu untuk kulit bahan suede di toko sepatu kulit.

Di bawah ini langkah bersihkan sepatu kulit suede tanpa ada menghancurkan berbahan:

  • Membeli sikat spesial untuk bahan suede di toko sepatu, sikat spesial ini mempunyai kawat kecil serta serat halus untuk menolong jaga bulu-bulu halus pada bahan kulit tipe suede
  • Untuk hilangkan lecet pada kulit suede, pakai sebatang penghapus pensil memiliki bahan karet serta gosokkan dengan cara pelan-pelan di bagian lecet kulit suede
  • Untuk pembersihan kotoran serta debu, gunukan sikat spesial untuk kulit suede, langkah menyikatnya dengan satu arah saja supaya permukaan kulit tidak rusak serta tidak gampang terkelupas
  • Hilangkan bintik basah yang ada di kulit suede. Bila bintik itu basah keringkan terlebih dulu dengan tisu, nantikan sampai kering alami baru sikat dengan sikat suede di bagian yang kotor barusan.
  • Bila kulit suede sepatu kamu terserang bintik berbentuk minyak, taburkan bedak pada bintik lalu diamkan sampai kering. Kemudian sikat di bagian yang kotor dengan sikat suede.
  • Pakai semprotan memiliki bahan silikon untuk jaga kualitas kulit serta kesesuaian warna pada sepatu bahan suede.
  • Taruh sepatu kulit suede dalam tempat terbuka, di saat kamu taruh kamu memakai sumpal berbentuk kertas ke sepatu untuk jaga bentuk sepatu kamu. Jangan memakai koran sisa sebab tintanya bisa luntur tentang sepatu kamu.
  • Sebelum kamu memakai kembali lagi sepatu kulit suede milikmu, terlepas dahulu sumpal kertas barusan serta diamkan seputar sejam supaya sepatu merasai udara terbuka sebelum dipakai kembali lagi.

Tidak ada komentar